Lirik Lagu Indonesia Terbaru

Kelas : XI IPA 1

Historiografi

Study Tour Yogyakarta

Pada hari Kamis 22 April 2010 siswa dan siswi SMAN 67 Jakarta melakukan study tour ke Jogjakarta dengan tujuan Candi Borobudur, Malioboro, Gardu Pandang Ketep Pass, pabrik gula Madukismo dan Goa Jatijajar.Untuk perjalanan tersebut saya mempersiapkan segala Sesuatu yang kira-kira akan dibutuhkan selama perjalanan, mulai dari pakaian,makanan ringan,alat mandi dan obat-obatan. Saya berangkat dari rumah pukul 13.30, sesuai jadwal kami akan berangkat pukul 14.30 akan tetapi karena ada satu orang siswa dari kelas XI IPA 3 yang terlambat datang akhirnya perjalanan pun ditunda sampai pukul 16.00.Hal tersebut sempat membuat kesal seluruh peserta Study Tour khususnya yang ada di bus 2, akan tetapi dengan dimulainya perjalanan panjang menuju Jogjakarta rasa kesal itupun perlahan-lahan sirna.

Perjalanan yang akan kami tempuh melewati jalur selatan yang pemandangannya sangat indah.Selama di dalam bus banyak keceriaan yang terjadi, ada yang berkarouke, menonton film bahkan ada juga yang tertidur.

Gambar1.1 perjalanan menuju Yogjakarta

Pada pukul 18.00 kami sudah keluar pintu tol Cileunyi dan kami segera menuju tempat peristirahatan untuk melaksanakan shalat Maghrib,makan malam,bersih-bersih diri dan juga shalat Isya.Setelah transit selama kurang lebih 1 jam, perjalanan kembali dilanjutkan.Kami akan melewati jalur Nagrek yang banyak kelokannya maka dari itu Tour Guide yang memandu kami menyarankan agar kami tidak berisik supaya supir bus dapat berkonsenterasi, selama perjalanan melewati Nagrek yang berkelok ada beberapa teman yang merasa mual dan muntah.Selama perjalanan tersebut saya tertidur karena sudah terlalu lelah.

Pada pukul 05.00 tanggal 23 April 2010 rombongan tiba di sebuah desa di daerah Purworejo dan kamipun turun dari bus untuk beristirahat sejenak dan melaksanakan shalat Subuh bagi yang beragama muslim.Setelah kurang lebih 30 menit seluruh rombongan sudah selesai melaksanakan shalat subuh, perjalanan dilanjutkan menuju Candi Borobudur.Pukul 06.30 kami sudah tiba di kawasan Candi Borobudur, sebelum masuk ke dalam candi kami sarapan dan mandi terlebih dahulu di RM Pondok tinggal.Setelah 1 jam makan dan mandi sekitar pukul 07.30 kami memasuki kawasan Candi borobudur.

Gambar 1.2 masuk kawasan Candi Borobudur

Selama di dalam Candi kami dijelaskan oleh Tour Guide mengenai sejarah Candi Borobudur,proses pembangunannya sampai mitos-mitos yang berkembang di Candi Borobudur.Mitos yang berkembang adalah jika seorang pria dapat memegang tangan patung Budha yang ada di dalam stupa maka keinginannya akan tercapai dan jika seorang wanita dapat memegang kaki patung Budha maka keinginannya akan tercapai.

Gambar 1.3 pintu masuk candi Gambar 1.4 Candi Borobudur

Gambar 1.5 patung Budha di dalam stupa Gambar 1.6 foto bersama di puncak Candi

Setelah puas mengelilingi candi sekitar 1,5 jam kami semua kembali ke bus untuk melanjutkan perjalanan menuju Gardu Pandang Ketep Pass. Kami tiba di tempat tujuan pukul 10.30 di Ketep Pass kami dijelaskan mengenai letusan-letusan yang terjadi di Gunung Merapi.

Gambar 2.1 foto di miniature Gunung Merapi Gambar 2.2 puncak Garuda Merapi

Gambar 2.3 pemandangan Merapi dari puncak Ketep Pass Gambar2.4 guru-guru menikmati pemandangan dari

puncak Ketep pass

Pukul 11.30 bagi siswa yang beragama islam melaksanakan shalat Jum’at,perjalanan yang kami tempuh untuk menuju masjid di desa terdekat cukup jauh yaitu sekitar 1 KM.Shalat Jum’at tersebut merupakan penalaman pertama saya Shalat Jum’at dengan seorang Khatib berkhutbah dengan menggunakan bahasa Jawa, hal tersebut sempat membuat saya dan teman-teman tertawa.Dan satu lagi pengalaman yang tidak akan terlupakan bagi saya adalah ketika kami sedang shalat dan makmum akan mengucapkan “amin” tiba-tiba seekor sapi berbunyi hal tersebut sempat membuat saya dan teman-teman tertawa.

Pada pukul 12.30 kami telah selesai melaksanakan shalat jum’at dan kembali ke Ketep Pass untuk makan siang,selesai makan kami masuk ke ruangan theater untuk menyaksikan pemutaran film mengenai gunung Merapi.

Gambar 2.5 perjalanan menuju masjid sejauh 1 KM

Pukul 14.00 perjalanan dilanjutkan menuju Malioboro, rombongan tiba di Malioboro pukul 16.30. Di Malioboro kami berbelanja sampai pukul 19.00.Kami cheekin di Hotel Brongto pukul 19.30,sesampainya di hotel saya langsung mandi dan makan malam dan saya tidur pukul 23.30.Pagi hari saya bangun pukul 05.00 untuk melaksanakan shalat subuh,selesai shalat subuh saya langsung mandi dan setelah itu langsung sarapan.Kami cheek out dari hotel pukul 08.00.Perjalanan kembali dimulai dan tujuan pertama kami hari itu adalah menuju pabrik gula Madukismo. Di sana kami dijelaskan mengenai proses pembuatan gula pasir akan tetapi sangat disayangkan karena pada saat kami berkunjung proses produksi di pabrik sedang tidak berjalan karena produksi baru akan berlangsung bulan Mei.

Gambar 3.1 PG Madukismo Gambar 3.2 alat produksi Gambar 3.3 Lori yang membawa

Keliling pabrik

Pukul 11.30 perjalanan dilanjutkan menuju Goa Jatijajar, sebelum tiba di goa Jatijajar kami singgah terlebih dahulu di tempat peristirahatan untuk makan siang dan shalat zuhur.Setelah selesai makan dan shalat,pada pukul 13.30 perjalanan dilanjutkan kembali.Kami tiba di goa Jatijajar pukul 15.30 di sana kami diajak masuk kedalam goa untuk menyaksikan diorama legenda Lutung Kasarung tetapi sangat disayangkan karena di goa tidak ada Tour Guide yang membimbing kami sehingga kami tidak mengetahui sejarah yang terjadi di goa Jatijajar.Pukul 17.00 kami keluar dari dalam goadan kembali ke bus untuk melanjutkan perjalanan menuju Jakarta.

Gambar 4.1 Berfoto di mulut goa Gambar 4.2 diorama di dalam goa

Pukul 17.30 perjalanan dilanjutkan menuju Jakarta, pukul 18.30 kami singgah sebentar di tempat peristirahatan di daerah Cilacap untuk makan malam serta melaksanakan shalat maghrib dan isya. Pukul 19.30 perjalanan dilanjutkan kembali dan selama perjalanan menuju Jakarta saya tertidur karena kelelahan setelah melakukan aktivitas seharian penuh. Kami tiba di SMAN 67 pada hari Minggu pukul 03.30 pagi.